Waktu tercium bau kentut, umumnya beberapa orang sama-sama menyalahkan. Jarang sekali ada yang mengakui mengentut. Ya, walau sehat tetapi mengentut di depan beberapa orang memanglah memalukan. Lalu apa yang mengakibatkan kentut itu bau?

" Kentut yaitu gas hasil metabolisme usus, makanan yang kita makan sehari-hari bakal membuahkan kotoran, dari kotoran ini usus bakal menyaring gasnya serta dibuang jadi kentut, hingga menyebabkan bau, " tutur dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dari Departemen Penyakit Dalam Divisi Gastroenterologi RS Cipto Mangunkusumo, dalam pembicaraan dengan detikHealth, Jumat (19/4/2013).

Diluar itu, bau yg tidak lumrah pada kentut juga dapat dikarenakan oleh banyak hal yaitu lantaran terlampau banyak konsumsi daging serta ada infeksi pada saluran pencernaan.

" Pasien kanker usus umumnya bakal mempunyai bau kentut yg tidak enak, " tambah dr Ari.

Gas yang terdapat dalam kentut yaitu karbondioksida, hidrogen sulfida serta merkaptan. Senyawa-senyawa itu memiliki kandungan sulfur yang berperan pada bau kentut. Semakin banyak bakteri meproduksi ke-2 senyawa tersebut di dalam perut, maka bakal makin busuklah bau kentut Anda. Bila daging serta telur menyumbang bau kentut, maka kacang-kacangan menyumbang volume kentut.

Post a Comment

 
Top