Beberapa orang jadi tidak dapat tidur nyenyak dengan perut kosong hingga mereka sering ngemil pada malam hari walau sesungguhnya telah makan malam. rutinitas itu baiknya dihindari dikarenakan bikin tubuh menumpuk lemak lebih cepat.

Didalam penelitian yang dimuat didalam jurnal current biology, beberapa peneliti mendapatkan kekuatan tubuh tikus untuk meregulasi gula darah beragam selama hari. bukan hanya itu, terganggunya irama sirkadian tubuh akan bikin tubuh semakin banyak menaruh lemak.

Itu penyebab kenapa bila kita makan terlampau malam tubuh dapat lebih cepat mengubahnya jadi lemak. hasil penelitian tersebut dikira dapat menjelaskan kenapa beberapa pekerja shift malam lebih beresiko kegemukan serta diabetes.

Terganggunya jam biologis dapat menyebabkan masalah metabolisme hingga ada kecenderungan untuk menaruh lemak, kata ketua peneliti Carl Johnson, pakar kronobiologi dari vanerbilt university.

Ia mengungkap, yang perlu di perhatikan bukan hanya type makanannya namun juga waktu makannya. walau jumlah kalorinya sama namun bila dimakan malam hari dapat mengakibatkan timbunan lemak semakin banyak, tuturnya.

Sebagian penelitian pada mulanya tunjukkan bahwa orang yang kerap lembur atau pekerja giliran malam condong lebih gampang gemuk serta menderita diabetes.

Hasil penelitian juga mengatakan tikus, yang disebut hewan nokturnal, menaruh lemak semakin banyak walau mereka hanya makan di siang hari dengan jumlah kalori yang sama. beberapa ilmuwan yakin perihal itu berkenaan jamant dengan peran irama sirkadian.

Penelitian pada mencit juga tunjukkan masalah irama sirkadian pada tikus mengakibatkan timbulnya sinyal tanda resistensi insulin.

sumber : kompas.com

-->

Post a Comment

 
Top