Manfaat kuning telur (artikelsehatbugar) -Telur adalah bahan makanan yang sarat dapat nilai gizi. walau demikian, telur juga kerap dihubungkan pada beragam problem kesehatan. perihal ini dikarenakan telur memiliki kandungan kolesterol, terlebih di bagian kuning telurnya. tetapi, nyatanya banyak faedah lain yang didapat dari kuning telur.
Tersebut sebagian faedah kuning telur yang tidak bisa anda dapatkan di putih telur

Semakin banyak vit..
Kuning telur memiliki kandungan semakin banyak vit. baik type serta jumlahnya dibanding dengan putih telur. tiap-tiap kuning telur memiliki kandungan tujuh vit., diantaranya vit. b6, b-12, a, d, e, k, serta folat. vit. a, d, e serta k cuma ditemukan di kuning telur saja, tidak di putih telur.

Semakin banyak mineral.
Layaknya vit., mineral adalah zat gizi mikro yang krusial diperlukan oleh tubuh. mineral adalah zat gizi essensial yang dipakai untuk mengelola manfaat tubuh layaknya menyeimbangkan elektrolit. kuning telur dan putih telur mempunyai 13 type mineral, diantaranya dari kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, serta selenium. walau ke-2 sisi telur ini keduanya sama memiliki kandungan mineral, tetapi kuning telur mempunyai kandungan yang semakin banyak untuk tiap-tiap mineral. perumpamaannya, 90 % dari kalsium yang ada di telur ada pada kuning telur ; 93 % kandungan besi pada telur ada dibagian kuningnya, serta cuma 7 % yang ada dibagian putihnya.

Kesehatan mata
Karotenoid yang ada di kuning telur, terutama karotenoid lutein serta zeaxanthin, amat berguna untuk kesehatan mata. menurut beberapa peneliti, karotenoid ini, yang disebut pigmen berwarna yang berikan warna kuning pada kuning telur, bisa turunkan risiko penyakit age-related degeneration serta katarak. zat ini bertindak sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan bagian-bagian pada retina hingga bisa merubah kekuatan mata untuk konsentrasi.

Faedah kolin
Kuning telur dengan vit., mineral, serta nutrien lain yang ada didalamnya, juga menolong untuk melakukan perbaikan kesehatan jantung serta kardiovaskuler. tidak cuma mengonsumsi telur didalam jumlah moderat yang tunjukkan faedah untuk jantung, tetapi juga nutrien pada kuning telur, yakni kolin, menolong untuk meregulasi manfaat kardiovaskuler.

Disamping itu, sesuatu studi di university of north carolina di chapel hill mendapatkan bahwa wanita yang konsumsi makanan dengan kandungan kolin yang tinggi mempunyai kemungkinan 24 % lebih kecil untuk alami penyakit kanker payudara dibanding mereka yang tidak.

sumber : kompas.com

-->

Post a Comment

 
Top