Waspadai risiko batu ginjal bila anda terhitung orang yang teratur mengonsumsi suplemenVit. C. risiko tersebut terlebih pada mereka yang dulu mempunyai kisah batu ginjal pada mulanya.

Penelitian yang dikerjakan tim dari swedia itu memanglah tidak melarang orang untuk konsumsi Vit. C. namun orang yang dulu sakit batu ginjal mesti mewaspadi risiko kekambuhan penyakitnya bila mereka tetap mengonsumsi suplemen vit..

Penelitian berskala besar tersebut mengambil data dari wawancara beberapa pria dewasa serta lansia tentang pola makan serta pola hidup mereka. mereka diikuti sepanjang 11 th..

Hasil analisa mengatakan 907 pria teratur konsumsi vit. C, sesaat yang tidak mengonsumsi suplemen apapun meraih 22. 000 orang.

Dari grup teratur minum vit. C, lebih kurang 3, 4 % menderita batu ginjal, namun dari grup kontrol cuma 1, 8 %.

Sejak lama memanglah dicurigai bila vit. c dosis tinggi dapat menambah risiko batu ginjal dikarenakan beberapa vit. c yang diserap tubuh dapat dikeluarkan urin sebagai oksalat, di antara komponen pembentuk batu ginjal, kata laura thomas, peneliti dari karolinka institute, stockholm, swedia.

Batu ginjal terbentuk dari kristal kecil yang dibentuk dari kalsium serta oksalat. batu ginjal mungkin keluar melalui urin namun kerapkali mengakibatkan rasa sakit. batu ginjal berukuran besar memerlukan operasi untuk mengeluarkannya.

Vit.C sendiri terhitung vit. yang mutlak. tetapi vit. ini baiknya diperoleh dari makanan yang diasup sehari-hari.

Risiko batu ginjal dari vit. c kelihatannya bergantung pada dosis serta gabungan nutrisi yang diasup, kata Thomas.

Sumber : kompas.com

Post a Comment

 
Top