Waspadai penyakit para pekerja kantoran (artikelsehatbugar) -Di zaman modern saat ini ini, beberapa pekerja semakin banyak menggunakan waktunya di belakang meja. menurut data urban institute, jumlah pekerjaan yang memerlukan kegiatan fisik memanglah sudah bekurang 10 % di th. 1950. 

Duduk berjam-jam di belakang meja bukannya tanpa risiko. masalah kesehatan layaknya nyeri punggung, mata capek, sampai masalah tidur dapat diakibatkan dari pola hidup kurang gerak ditambah lingkungan kerja yang penuh stres tersebut. apa saja risiko kesehatan yang mengintai orang kantoran ? 

1. Sindrom karpal tunnel 
Sindrom ini adalah tanda-tanda dari ada nyeri, rasa kesemutan, dan baal di jari tangan. masalah ini dapat timbul dikarenakan penekanan mekanis yang berulang serta ritmis, layaknya mengetik. untuk mencegahnya, kerjakan peregangan mudah untuk mengendurkan tegangan di pergelangan tangan. sesudah mengetik, istirahatkan tangan sejak. tanyakan pada dokter bila tanda-tanda dirasakan cukup mengganggu. 

2. Nyeri punggung bawah 
Duduk sepanjang berjam-jam, terutama dengan postur tubuh yang salah atau kursi yang ergonomis, dapat menyebabkan jelek pada tulang belakang. menurut sesuatu penelitian, nyeri punggung adalah alasan utama beberapa karyawan untuk mangkir dari pekerjaan. posisi duduk yang benar yaitu duduk membagi beban berat tubuh hingga bukan sekedar bertumpu pada pinggang. 

Tak hanya memerhatikan postur tubuh waktu duduk, olahraga dengan teratur terhitung kegiatan pengencangan perut dapat kurangi rasa nyeri dibagian punggung bawah. disamping itu, jauhi duduk dengan situasi dompet terlampau penuh dikarenakan dapat menyebabkan tekanan pada saraf dibagian panggul. 

3. Problem pada sendi 
Tubuh manusia diciptakan untuk bergerak serta ada didalam satu posisi yang lama dapat bikin sendi tegang. dikarenakan itu, dengan teratur berdiri serta berjalan-jalanlah di sela waktu kerja. 

4. Mata lelah 
Menatap layar komputer terlampau lama dapat bikin penglihatan terganggu serta mata peka. menurut mayo clinic, gejala-gejala layaknya mata kering, berair, sakit kepala, atau sakit leher, dapat digolongkan sebagai tanda-tanda mata capek ( eyestrain ). untuk mencegahnya, besarkan ukuran huruf di layar komputer hingga anda tak perlu terus-terusan berkedip. disamping itu, kurangi pancaran cahaya dari layar komputer serta istirahatkan mata dengan berkala dengan langkah menatap ke arah lain. 

5. Bakteri 
Meja kerja, didalam perihal kandungan bakterinya, nyatanya semakin banyak serta lebih kotor di banding toilet. bakteri berkumpul di meja dikarenakan umumnya orang lakukan banyak perihal di sana, dimulai dari makan serta menaruh benda, tetapi jarang membersihkannya, kata pakar mikrobiologi dari kampus arizona, dr charles gerba. anda dapat kurangi jumlah bakteri dengan teratur bersihkan meja dengan lap serta cairan antibakteri tiap-tiap harinya. 

6. Kondisi stres 
Satu dari enam pekerja di amerika menyebutkan, rasa kesal serta marah di kantor dapat menyebabkan dampak jelek. lebih kurang 2-3 % menyebutkan, mereka dulu menampar atau memukul teman kerjanya. disamping itu, 22 % pekerja mengaku dulu menangis akibat rasa stres di area kerja. 

Tekanan atau stressor kecil dapat dikendalikan dengan langkah menarik napas panjang serta lakukan tehnik relaksasi yang dapat dikerjakan sembari duduk. atau, sempatkan waktu untuk berjalan-jalan di taman serta area lain untuk mengalihkan perhatian sesaat. konflik yang berlangsung dengan teman kerja dapat diatasi dengan pertolongan mediasi pihak ketiga supaya tidak menumpuk serta menyebabkan tindakan yang tidak diinginkan.

-->

Post a Comment

 
Top